Definisi dan pengertian Melekul

Pengertian molekul - Setiap substansi terdiri dari partikel-partikel yang sangat kecil yang disebut molekul. Molekul adalah bagian terkecil dari materi yang secara independen menunjukkan semua sifat-sifat zat tersebut. Sebagai contoh, jika kita mengambil molekul gula, itu akan menunjukkan semua sifat-sifat gula seperti rasa, bentuk, warna dll 

ukuran Molekul berbeda berbeda. sebagian hanya beberapa billionths sentimeter dalam ukuran sementara beberapa molekul lain yang seribu kali lebih besar. Molekul gas dalam ukuran kecil. dalam satu sentimeter kubik udara mengandung sekitar 2,5 x 1 019 (25.000, 000,000, 000, 000, 000) molekul.

Meskipun sepotong kecil materi mengandung jumlah yang sangat besar molekul, ada ruang kosong di antara mereka. Molekul materi terus bergerak acak. Dengan meningkatnya suhu, gerak molekul juga meningkat. substansi panas semakin cepat maka semakin cepat gerak molekul. 

Definisi dan pengertian Melekul


Molekul gas bergerak sangat cepat dibandingkan dengan molekul cairan dan padatan. Bahkan molekul es yang bergerak. Bukankah mengherankan bahwa walaupun semua zat molekul bergerak, namun bentuk materi tidak muncul goyah?  Mengapa? Alasannya adalah bahwa ada kekuatan tarik menarik di antara molekul yang membuat mereka tetap bersama-sama. Jika gaya ini tidak ada,  materi molekul akan tersebar jauh di segala arah.

Ketika molekul padat dipanaskan, akan meningkatkan kecepatan dan gaya tarik-menarik antara molekul akan menurun, Jika kita terus menambahkan panas, maka kecepatan gerakan molekul akan lebih cepat dan akan berubah menjadi keadaan atau bentuk cair dan, akhirnya, ke gas. sekian pengertian tentang definisi dan pengertian molekul

Tidak ada komentar